Wisata Boros? Tips Travelling Supaya Tak Cepat Kehabisan Uang

Diposting pada

“Kok uang saya tinggal segini? padahal gak banyak belanja.” Kata tersebut barangkali sering terucap ketika anda travelling. Merasa boros dana, padahal anda tak merasa membeli apa-apa.

Ya, berwisata atau travelling memang cukup memakan banyak dana. Akan tetapi, sebetulnya kita bisa mengatasi uang yang cepat habis saat travelling dengan beberapa trik sederhana. Berikut ini SaranWisata rangkum sejumlah tips agar uang tak lekas habis ketika anda travelling.

Cara Hemat Travelling

Hemat Traveling
Dompet Kosong

Membuat Rincian Pengeluaran
Meski terlihat sepele, membuat perencanaan rincian biaya wisata adalah langkah pertama yang bisa ditempuh untuk menghemat pengeluaran saat travelling. Rincian seperti biaya hotel, makan, transportasi dan biaya belanja akan sangat bermanfaat bagi anda sehingga anda tak akan sembarangan mengeluarkan dana saat travelling.

Memilih Moda Transportasi yang Tepat
Tips hemat travelling ke dua adalah memilih moda transportasi. Menggunakan transportasi umum seperti bus tentu akan lebih murah dari pada mengguankan taksi. Selain itu, bila di tempat wisata terdapat alat transportasi tradisional, gunakanlah transportasi tersebut. Anda bisa menikmati suasana lain dengan transportasi tradisional semisal becak atau andong.

Maknai setiap sisi perjalanan wisata anda. Walaupun cenderung lebih lambat, menggunakan moda transportasi tradisional atau angkutan umum massal terbukti sangat efektif menekan biaya pengeluaran.

Baca juga : Tips Keliling Jakarta Naik Busway

Membuat Pos Pengeluaran Uang dalam Dompet
Sebaiknya hindari menaruh uang dalam saku yang bercecer. Misalnya, di saku baju dan celana. Anda cenderung lebih mudah mengambil dan mengeluarkan uang untuk biaya yang tidak perlu jika menaruh uang di saku celana atau baju.

Maka, taruhnlah uang di dalam dompet atau tas. Sehingga anda tak akan mudah mengeluarkan dana untuk keperluan yang tak penting.

BACA JUGA :   Tips Singkat Liburan Ke Bogor, Wisata ke Kota Hujan

Selain itu, memisahkan dana berdasarkan pos pengeluaran juga akan membantu anda mengontrol semua biaya saat travelling. Caranya, pisahkan mana dana untuk makan, mana dana untuk belanja, untuk biaya hotel dan sebagainya. Ini terbukti ampuh menangani perasaan boros saat travelling.

Berhati-hati saat belanja
Berhati-hati saat belanja adalah kunci terakhir untuk menghemat pengeluaran biaya wisata anda. Membeli oleh-oleh secara eceran akan lebih mahal bila dibanding membeli dengan jumlah banyak. Maka usahakan membeli oleh-oleh di satu penjual saja sehingga anda bisa membeli beberapa barang sekaligus dengan tawaran potongan kuota pembelian.

Selain itu, berhati-hati belanja juga bisa diterapkan untuk hal-hal sepele. Misalnya dengan tak mudah membeli jajanan yang anda temui di tempat wisata. Jajan boleh saja, tapi kalau setiap anda penjual jajanan anda mampir, bisa dipastikan pengeluaran anda akan membengkak.

Gambar Gravatar
Redaksi saranwisata, menyajikan data tempat wisata populer di Indonesia. Jadikan kami referensi untuk liburan kamu !

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *