Tips Menggunakan Bus TransJakarta bagi pelancong luar kota

Bus Trans Jakarta adalah moda transportasi favorit warga Ibu Kota. 12 koridor yang telah beroperasi meliputi hampir semua wilayah Provinsi DKI Jakarta. Harga tiket yang terjangkau sebesar Rp. 3.500,- dan sistemnya yang terpadu membuat Trans Jakarta masih menjadi tumpuan transportasi umun meski tak sepenuhnya pelayanan prima yang didapatkan pengguna.

Bus Gandeng Trans Jakarta
Trans Jakarta Busway

Bagi anda yang melancong ke Jakarta dan ingin mencoba berkeliling Ibu Kota dengan murah serta menikmati setiap jengkal suasananya, maka sebaiknya anda mencoba berkeliling Kota menggunakan Trans Jakarta. Namun ada beberapa tips yang perlu anda perhatikan saat menaiki Trans Jakarta, terutama bagi anda yang berasal dari luar kota Jakarta. Berikut ini tips-nya.

Tips Nyaman Naik Busway

Membawa Tas Kecil
Trans Jakarta akan sangat ramai bahkan padat pada jam-jam sibuk berangkat dan pulang kerja serta pada hari libur. Oleh karena itu, sebaiknya anda tidak membawa tas ransel besar bersama anda saat berkeliling kota menggunakan Busway Trans Jakarta. Bawalah barang bawaan secukupnya saja seperti kamera dan ponsel dalam tas ukuran sedang atau kecil, sehingga akan relatif aman dalam keadaan desak-desakan.

Menggunakan Kartu Belanja Swalayan

Indomaret E-Money
Kartu Prabayar E Money

Trans Jakarta Busway kini tak lagi menjual tiket eceran. Semua tiket di semua koridor telah menggunakan tiket elektronik dengan menggunakan kartu prabayar yang dikeluarkan sejumlah Bank Nasional yang berkerja sama dengan Trans Jakarta. Jika anda mempunyai kartu BCA Flash, Mandiri E-Money, BRI Brizzi atau kartu dari Bank lain, maka anda bisa menggunakan kartu tersebut sebagai tiket untuk naik Bus Way Trans Jakarta di semua koridor.

Baca Juga : Wisata Wajib di Kepulauan Seribu Jakarta

BACA JUGA :   Candi Prambanan - Tempat Wisata di Jogja Bukti Kejayaan Nusantara

Bagaimana jika belum punya kartu prabayar bank? Setiap halte di semua koridor Bus Way menjual kartu perdana prabayar dengan harga Rp 40.000,- dengan isi saldo sebesar Rp 20.000,-. Tapi menurut SaranWisata, lebih hemat jika anda membeli kartu belanja swalayan. Indomaret misalnya, swalayan ini mengeluarkan kartu belanja Indomaret Card yang merupakan kartu Mandiri E-Money dengan harga perdanan Rp. 20.000,- berisi saldo Rp 20.000. Kartu ini dapat digunakan untuk tiket Busway, membayar Tol, membeli BBM dll.

Menggendong Ransel di Depan
Semua transportasi yang ramai pasti tak sepenuhnya aman dari tangan-tangan jahil. Nah untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan sebaiknya gendung tas ransel anda di depan sehingga anda bisa memantau sepenuhnya barang bawaan anda.

Membaca Jalur Perjalanan
Tentu saja sebelum anda berkeliling Ibu Kota dengan Trans Jakarta, anda harus memahami dan tahu betul koridor yang akan anda lewati. Mulai dari jurusan dan di mana anda harus turun.

Itulah beberapa tips aman dari SaranWisata jika anda ingin mencoba berkeliling Jakarta menggunakan Busway. Moda transportasi ini bisa menjadi pilihan alternatif menikmati suasana Jakarta yang sebenarya seperti yang dirasakan oleh warga Jakarta setiap harinya.

Update:
Indomaret kini menjual kartu Mandiri E-Money Indomaret Card seharga Rp 20.000 tanpa saldo. Sehingga tak seperti sebelumnya dimana Indomaret menjual kartu seharga Rp 20.000 termasuk saldo 20.000,-  .  Sekarang, tak berbeda dengan anda membeli kartu secara langsung di loket TransJakarta.

Post Author: Redaksi

Redaksi saranwisata, menyajikan data tempat wisata populer di Indonesia. Jadikan kami referensi untuk liburan kamu !

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *