Taman Nasional Way Kambas Lampung – Cerita Keindahan Gagahnya Gajah Sumatera

Diposting pada
Taman Nasional Gajah Way Kambas Lampung
Gajah di Way Kambas.  Gbr: wikipedia

Gajah Lampung, ya siapa yang tak kenal dengan istilah ini. Sebutan itu seolah membuat satwa endemik Sumatera ini adalah ikon Provinsi Lampung. Tak salah memang, karena di Lampung lah terdapat Taman Nasional Way Kambas. Sebuah Taman Nasional yang berfungsi sebagai pelindung Satwa Gajah Sumatera yang kian hari kian berkurang populasinya.

Way Kambas pada awalnya adalah Pusat Latihan Gajah, namun kini menjadi Pusat Konservasi Gajah. Berdiri sejak tahun 1985, Taman Nasional yang berlokasi di Labuhan Ratu, Lampung Timur ini sempat menjadi tujuan wisata favorit warga lokal di awal berdirinya hingga awal tahun 2000-an.

Kegiatan Wisata di Way Kambas

Beberapa lokasi / obyek wisata yang menarik untuk dikunjungi di antaranya:

  • Pusat Latihan Gajah Karangsari
  • Atraksi Gajah
  • Penelitian dan Penangkaran Badak Sumatera denga fasilitas laboratorium alam dan wisma peneliti
  • Rawa Kali Biru, Rawa Gajah dan Kuala Kambas
  • Menyusuri sungai Way Kanan, pengamatan satwa (bebek hutan, kuntul, rusa, burung migran), padang rumput dan hutan mangrove.

Akses Jalan Menuju Way Kambas

Dari Kota Bandar Lampung anda dapat mencapai lokasi Taman Wisata Way Kambas dalam 2 jam perjalanan (112 Km), dengan tujuan Kota Metro – Way Jepara. Jika dari Bandara Raden Inten II, membutuhkan waktu 1 jam 30 menit (100 Km), dengan rute perjalanan Bandara Radin Inten II (Branti), Metro, Waj Jepara. Dan bila ditempuh dari pelabuhan Bakauheni Lampung, perjalanan menuju Way Kambas dapat ditempuh dalam waktu 3 Jam (170 Km) dengan rute lintas timur Sumatera (Bakauheni – Labuan Maringgai – Way Kambas).

Gambar Gravatar
Redaksi saranwisata, menyajikan data tempat wisata populer di Indonesia. Jadikan kami referensi untuk liburan kamu !

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *