Serunya Berpetualang ke Taman Nasional Gunung Leuser, Yuk !

Diposting pada
Orang Utan di Bukit Lawang Gunung Leuser
Orangutan di Bukit Lawang – Gunung Leuser.  Gbr: pesona.indonesia.travel

Ada banyak destinasi terkenal di Nangroe Aceh Darussalam. Provinsi di ujung barat pulau Sumatera yang juga merupakan ujung barat Indonesia ini memiliki keberagaman dalam hal pariwisata. Mulai dari laut dan pantai, wisata budaya sampai pegunungan. Nah, Taman Nasional Gunung Leuser merupakan salah satunya.

Taman Nasional ini membentangi dua provinsi sekaligus yaitu Nangroe Aceh Darussalam dan Sumatera Utara. Dengan luas kurang lebih 1.094.692 ha, Kawasan Pelestarian Alam ini merupakan hutan dan penghasil kopi kelas dunia serta tembakau. Jika anda adalah seorang traveler pecinta petualangan, maka Taman Nasional Gunung Leuser ini sangat direkomendasikan untuk dikunjungi.

Berpetualang sambil Belajar Mencintai Alam

Hutan luas ini merupakan rumah bagi Orangutan yang pasti masih hidup dalam habitat aslinya. Anda akan menemukan kelembutan primata yang masih berkerabat dengan manusia ini saat berinteraksi di Taman Nasional Gunung Leuser ( TNGL ) Aceh. Hutan Gunung Leuser juga merupakan hukan dengan kekayaan flora, bermacam buah-buahan tropis seperti rambutan, durian, alpukat, mangga, pepaya, dan jambu biji dapat anda temukan di TNGL Aceh.

Baca juga : 10 Tempat Wisata Romantis Untuk Bulan Madu

Kawasan yang ditetapkan sebagi Situs Warisan Dunia oleh UNESCO ini memiliki ekosistem khas yang dihuni 325 spesies burung, gajah, badak, siamang, kera, reptil, macan tutul, dan juga ikan. Taman Nasional Gunung Leuser memiliki puncak tertinggi di 3.381 mdpl.

Dikelola secara zonasi untuk tujuan penelitian, pendidikan, ilmu pengetahuan, pariwisata dan rekreasi serta penunjang budidaya flora dan fauna.

Akses Masuk Taman Nasional Gunung Leuser

Untuk menjangkau TNGL, anda bisa melalui Bukit Lawang di Sumatera Utara yang merupakan tempat Orangutan berada. Jalur ini merupakan rute yang mudah. Selain itu, anda bisa juga mengunjungi Cagar Alam Kluet, Sikundur-Langkat Wildlife Reserve, Ketambe Research Station atau Dolok Sembilin.

BACA JUGA :   11+ Rekomendasi Hotel Di Pasteur Bandung

Datanglah antara bulan Juni hingga Oktober, karena rentang masa tersebut merupakan waktu terbaik berkunjung ke TNGL.

Matangkan Persiapan

Jika anda hendak berkunjung ke Taman Nasional Gunung Leuser, pastikan kondisi fisik dalam keadaan prima karena berpetualang ke TNGL bukan sekadar berwisata ke kebun binatang. Jangan lupa membawa peralatan mendaki gunung yang lengkap, seperti baju hangat untuk trekking, sweter, kemeja tebal, tas tahan air, sleeping bag, baterai cadangan untuk kamera, serta senter. Persiapkan pula obat-obatan umum seperti antibiotik, obat flu, obat diare, pembasmi serangga / nyamuk, obat anti diare serta Garam dehidrasi. Selain itu, karena di hutan merupakan rumah dari berbagai spesies nyamuk, maka persiapkan pencegahan penyakit seperti malaria.

Nah jika semuanya sudah disiapkan, anda bisa berpetualang dengan aman dan nyaman. Untuk informasi lebih lanjut, silakan menghubungi LPT Pusat Pengunjung Kawasan Ekowisata Tangkahan. Akses masuk yang bisa ditempuh adalah perjalanan dari kota Medan (Sumatera Utaraa) menuju Bukit Lawang. Siap berpetualang ?

Gambar Gravatar
Redaksi saranwisata, menyajikan data tempat wisata populer di Indonesia. Jadikan kami referensi untuk liburan kamu !

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *