Pecenongan, Surga Wisata Kuliner Malam di Pusat Jakarta

Diposting pada

Pecenongan adalah nama sebuah jalan yang membentang tak lebih dari 600 meter di wilayah Sawah Besar, Jakarta. Merupakan akses jalan pintas dari pusat onderdil Sawah Besar menuju daerah Juanda, Istiqlal dan sekitarnya. Berdekatan dengan pusat wisata belanja sekaligus bersejarah Pasar Baru, sejatinya Jalan Pecenongan tak berbeda dengan jalan biasa di siang hari. Namun ketika senja hingga malam hari, Pecenongan berubah menjadi kawasan ramai yang dipenuhi penjual aneka kuliner yang lezat.

Kawasan wisata kuliner pecenongan jakarta
“Gerbang” Wisata Kuliner Pecenongan

Pecenongan memang merupakan salah satu kawasan wisata kuliner di pusat Jakarta. Lokasi yang strategis dan mudah diakses dari berbagai tempat membuat pecenongan tak pernah sepi. Sejak tahun 70-an, kawasan Jalan Pecenongan telah ramai dan terkenal sebagai pusat kuliner. Tak hanya di terkenal di wisatawan lokal, tapi juga oleh pelancong asing yang berkunjung ke Jakarta.

Pilihan Menu di Pecenongan

Sebagian besar menu yang ditawarkan pedagang di kawasan wisata kuliner Pecenongan adalah Seafood, dan Chinese Food. Selain itu ada kuliner manis Martabak 65A Pecenongan yang terkenal dengan menu martabak tobleron dan martabak Nutella-nya.

Harga Makanan di Pecenongan

Soal harga makanan di kawasan kuliner ini, terbilang cukup mahal. Tak beda jauh dengan makanan di restoran besar atau kafe-kafe di wilayah elit lain di Jakarta. Harga makanan yang lumayan ini barangkali disebabkan karena wilayah ini memang sudah ditetapkan sebagai sentra wisata kuliner. Atau bisa jadi karena Pecenongan berada di pusat jantung hiburan malam Jakarta, sehingga tak heran pembelipun didominasi oleh sebagian besar kelas menengah ke atas.

Suasana Pecenongan
Gbr: Google Image

Tips Saran Wisata Kuliner

Bila anda ingin mencoba berwisata kuliner dan mencicipi kudapan yang ditawarkan pedagang kaki lima di Pecenongan, kami menyarankan untuk selektif dalam memilih makanan yang akan dibeli. Khususnya bagi anda yang Muslim, karena sebagian menu makanan yang ditawarkan adalah Chinese Food yang kadang kala menggunakan bumbu campuran berbahan babi,maka anda perlu memperhatikan bahan makanan yang ditawarkannya. Pastikan anda tetap mengkonsumsi makanan halal, yang tak mengandung daging babi atau ekstrak bumbu dari babi.

BACA JUGA :   Paket Wisata Petualangan ke Universal Studio Singapore (Child) E-Ticket di Blibli.com

Hal lain yang perlu anda perhatikan adalah parkir kendaraan. Karena lokasinya yang menggunakan sebagian badan jalan atau tempat parkir untuk berjualan, maka bisa jadi anda akan sedikit kesulitan memarkirkan kendaraan anda. Solusinya anda dapat memarkir kendaraan “mepet” ke tempat makan anda, atau memarkir di gedung dan hotel yang ada di sekitar Jalan Pecenongan.

Semoga anda dapat menikmati suasana wisata kuliner yang unik di kawasan Wisata Kuliner Jalan Pecenongan setelah membaca ulasan kami.

SaranWisata

Gambar Gravatar
Redaksi saranwisata, menyajikan data tempat wisata populer di Indonesia. Jadikan kami referensi untuk liburan kamu !

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *