Panduan Wisata : Taman Nasional Ujung Kulon – Suaka Margasatwa Badak Jawa

Panduan Wisata ke Ujung Kulon
Pulau Peucang, Spot Favorit di Ujung Kulon.  Gbr: Detik.com

Taman Nasional Ujung Kulon adalah sebuah kawasan suaka margastwa yang terletak di ujung barat pulau Jawa, sesuai namanya ujung kulon yang berarti Ujung Barat (kulon = barat [Sunda]). Suaka Margasatwa ini berfokus pada perlindungan satwa yang hampir punah yang jumlahnya kian berkurang di alam. Badak Jawa (Rhinoceros Sondaicus), adalah badak endemik khas pulau jawa yang pada habitatnya kini tinggal tersisa sekitar 60 ekor saja.

Kegiatan Wisata di Ujung Kulon

Selain sekedar wisata margasatwa Badak Jawa, tentu ada banyak hal yang bisa dinikmati oleh wisatawan yang berkunjung ke sini. Anda bisa menikmati arung jeram, pantai dan lain sebagainya. Nah, berikut ini kami sampaikan kegiatan apa saja yang dapat dilakukan jika anda hendak berkunjung dan melakukan kegiatan wisata di Taman Nasional Ujung Kulon – Banten.

Sebenarnya banyak kegiatan wisata yang bisa dilakukan di Taman Nasional Pertaman di Indonesia ini. Ada sekitar 700 jenis tumbuhan terlindungi dengan baik dan 57 jenis di antaranya adalah tumbuhan langka. Termasuk pula beberapa jenis anggrek yang indah.

Anda bisa pula menikmati sungai dengan aliran deras, air terjun, pantai pasir putih, taman laut yang indah, dan mata air dari panas bumi.

Best Spot untuk mengamati hewan berada di Pulau Handeuleum. Jelajahi hutan mangrove dan sungai dengan lebih jauh. Di sisi lain, ada pulau Peucang yang merupakan tempat favorit untuk snorkeling, diving, dan memancing.

Tips Berkunjung ke Taman Nasional Ujung Kulon

Hal yang perlu diingat jika anda ingin berkunjung ke Taman Nasional Ujung Kulon adalah, anda harus memperoleh izin dari Kantor Perlindungan Hutan dan Alam di Labuan. Waktu terbaik ke tempat ini adalah antara April hingga September.

BACA JUGA :   Inilah Daftar Spot Wisata Kota Tua Jakarta Yang Wajib Dikunjungi

Baca juga : Panduan Wisata ke Pulau Umang

Saran dari kami, sebaiknya anda mengagendakan pula berwisata ke Pulau Umang setelah dari Taman Nasional Ujung Kulon. Hal ini karena lokasi keduanya tak terpaut jauh. Anda pun bisa menginap di hotel di resort pulau Umang sehingga bisa melanjutkan perjalanan wisata pada keesokan harinya.

Info :
Kantor Perlindungan Hutan dan Alam Labuan
Jl. Perintis Kemerdekaan No. 51 Labuan Pandeglang

Info Hotel dan Tempat Menginap

Untuk hotel terdekat, kami menyarankan anda menginap di resort pulau Umang. Silakan baca Informasi Lengkap

Jangan lupa baca juga panduan wisata lainnya dari saranwisata.com

Post Author: Redaksi

Redaksi saranwisata, menyajikan data tempat wisata populer di Indonesia. Jadikan kami referensi untuk liburan kamu !

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *