Menambah Kualitas Ekonomi Rakyat Dengan Wisata Desa

Desa harus maju dengan pengembangan pariwisata
Potret Desa Tertinggal Indonesia

SaranWisata – Dalam sebuah kunjungan ke Desa Bungah, Gresik tepatnya di wisata Bukit Jamur. Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Marwan Jafar mengatakan “Wisata Desa harus memperhatikan lingkungannya. Dibuat kawasan penghijauan, agar masyarakat yang datang betah dan akan terus dikunjungi. Sehingga akan menambah ekonomi masyarakat desa”. -Dikutip dari Liputan6.com-

Menurut SaranWisata, memang sudah saatnya masyarakat desa merasakan pembangunan ekonomi yang lebih sejahtera. Di Indonesia, baru ada beberapa Desa di beberapa provinsi yang memanfaatkan potensi setempat untuk sektor pariwisata. Selebihnya, sebagian besar masyarakat desa di Tanah Air hidup dari sektor pertanian dan perikanan.

Pengembangan desa-desa wisata baru, perlu dikembangkan serta dengan penataan yang lebih baik sehingga mempunyai nilai yang “menjual”.

Budaya lokal dapat dijadikan suguhan utama dalam pengembangan desa wisata. Kemudian di daerah desa transmigrasi yang penduduknya adalah pendatang, dapat pula dikembangkan usaha agrowisata yang juga dapat mengedukasi masyarakat dalam meningkatkan pendapatan dari sektor pertanian mereka.

Masyarakat desa seharusnya sudah dapat memaksimalkan sektor wisata ini. Meski harus diakui, sebagian besar desa terutama di luar pulau Jawa masih minim akses terutama sarana jalan raya dan prasarana penunjang seperti jembatan, dermaga, dan lain sebagainya.

Semoga pariwisata Indonesia semakin maju dan memberikan kontribusi terhadap perekonomian bangsa sehingga terwujud masyaarakat yang sejahtera.

Post Author: Redaksi

Redaksi saranwisata, menyajikan data tempat wisata populer di Indonesia. Jadikan kami referensi untuk liburan kamu !

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *