Ditemukan Batu PancaWarna di Gorontalo, Potensi Baru di Sektor Pariwisata Daerah

Batu Pancawarna Gorontalo
Bongkahan Batu Pancawarna di Gorontalo – liputan6

Setahun belakangan, batu akik mendapat perhatian yang lebih di masyarakat Indonesia. Dari orang dewasa hingga anak-anak pun banyak yang menyukai bahkan mengoleksi batu akik. Sebagai negeri yang memiliki kekayaan alam melimpah, tentu potensi batu alam asli Indonesia ini dapat dimanfaatkan untuk mendongkrak kesejahteraan rakyat Indonesia. Selain dengan melakukan pengolahan batu akik, potensi lainnya dapat pula memaksimalkan sektor wisata dengan dengan mempromosikan batu akik.

Bicara soal batu akik, di Kabupaten Donggala ditemukan bongkahan batu Pancawarna, salah satu jenis batu akik yang sangat dikenal oleh para pecinta Gemstone. Bongkahan ini ditemukan oleh warga pada Senin (30 maret 2015) di sebuah hutan.

Sebelumnya, telah ditemukan pula bongkahan batu Giok Gorontalo oleh warga di sekitar kecamatan Botuda, Kabupaten Gorontalo. Kini, banyak warga yang akhirnya melakukan pencarian untuk menggali potensi batu mulia di Kabupaten Gorontalo.

Menurut salah seorang pengrajin batu akik, batu Pancawarna adalah batu yang memiliki sifat sesuai namanya. Batu Pancawarna warna ini mempunyai 5 warna alami yang ada. Warna tersebut terdiri dari Merah, Jingga (Oranye), Putih, Hitam dan Kuning. Harga jual batu Pancawarna warna ini terbilang cukup menggiurkan. Satu cincin dengan batu Pancawarna dibanderol seharga Rp 250 ribu. Para pengrajin rata-rata dapat menjual hingga 20 buah cincin batu Pancawarna selama seminggu.

Meski bernama Pancawarna, sering ditemui pula batu Pancawarna yang hanya memiliki 3 warna saja. Hal ini disebabkan oleh pengolahan yang kurang sempurna, mulai dari proses pemotongan bahan sampai pembentukan batu dan pengasahan.

Sumber : Liputan6

Post Author: Redaksi

Redaksi saranwisata, menyajikan data tempat wisata populer di Indonesia. Jadikan kami referensi untuk liburan kamu !

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *