Candi Prambanan – Tempat Wisata di Jogja Bukti Kejayaan Nusantara

Diposting pada
wisata ke jogja ke candi prambanan
Candi Prambanan Saat Sore Hari

Prambanan, salah satu spot wisata wajib Jogjakarta. Candi Prambanan merupakan kompleks candi Hindu terbesar di Asia Tenggara. Bukti sejarah bahwa dahulu di Nusantara khususnya tanah Jawa telah berkembang peradaban yang maju. Dibangun oleh Rakai Pikatan dari dinasti Syailendra pada tahun 850 Masehi. Berdasarkan prasasti Shivagrha, candi ini dibangun sebagai bentuk penghormatan terhadap Dewa Siwa, salah satu Dewa dalam agama Hindu.

Kompleks Candi Prambanan terdiri dari beberapa candi yang sebagian besar sudah tak utuh lagi.

Candi Hindu Terbesar

Berwisata ke Yogyakarta, rasanya tak lengkap bila tak mengunjungi kompleks candi Hindu yang megah ini. Mengingatkan kita pada kisah dalam buku legenda tentang Roro Jongrang yang membatu dikutuk oleh Bandung Bondowoso karena menghalangi pembangunan seribu candinya.

Dari pusat kota Jogja, anda hanya perlu menempuh jarak 17 km ke arah timur laut. Situs Warisan Dunia yang ditetapkan UNESCO ini layak anda kunjungi sebagai tempat wisata kala anda berlibur ke Jogja, atau sebagai tujuan wisata study tour siswa sekolah.

SaranWisata
Sebaiknya, saat anda berkunjung ke Prambanan dilakukan saat siang atau sore hari.  Hal ini karena view Prambanan di sore hari cukup indah.  Selain itu, bila anda mengunjungi beberapa tempat wisata sekaligus di sekitar Jogja.  Anda bisa melanjutkannya saat malam hari tiba.  Misalnya mencari hotel di sekitar Malioboro agar saat malam tiba, aktifitas wisata masih tetap bisa dilakukan dengan menyusuri jalanan Malioboro dan pasar Beringharjo sambil berbelanja atau melihat-lihat suasana malam Jogja.

Gambar Gravatar
Redaksi saranwisata, menyajikan data tempat wisata populer di Indonesia. Jadikan kami referensi untuk liburan kamu !

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *