Daftar 7 Tempat Rekreasi Murah di Jakarta Yang Wajib Dikunjungi

Diposting pada

Ibu Kota Negara mempunyai banyak spot rekreasi yang menarik. Mulai dari wisata sejarah, wisata kuliner, hingga wisata adrenalin. Lokasi Jakarta yang berada di sisi pantai utara pulau Jawa menjadikan kota Jakarta bercuaca panas sehingga semua tempat wisata di Jakarta dapat dikunjungi hampir pada musim apapun sepanjang tahun.  Alternatif tempat rekreasi murah di Jakarta kali ini bisa jadi referensi liburan anda mendatang.

Tempat Wisata di Jakarta

1. Taman Marga Satwa Ragunan
Taman Marta Satwa Ragunan atau lebih dikenal sebagai Kebun Binatang Ragunan adalah taman seluas 147 hektar yang berada di Jakarta Selatan yang memiliki udara relatif sejuk. Anda dapat melihat koleksi satwa yang ada di Kebun binatang Ragunan. Ragunan adalah kebun binatang pertama yang dibuat di Indonesia. Selain dapat melihat tingkah satwa, anda dapat pula mencoba menunggangi beberapa hewan tunggangan seperti kuda dan gajah. Selain itu ada danau yang bisa dimanfaatkan untuk wisata air dengan menaiki perahu angsa.

Tiket masuk Ragunan sangat terjangkau, sehingga tak heran bila Kebun Binatang Ragunan merupakan tempat paling ramai dikunjungi saat hari libur tiba. Baca : harga tiket kebun binatang Ragunan.

2. Pusat Primata Schmutzer

Pusat Primata Schmutzer Ragunan
Schmutzer – Ragunan

Berada di dalam kawasan Kebun binatang Ragunan, Pusat Primata Schmutzer merupakan kebun binatang khusus yang memiliki koleksi primata lengkap. Primata, adalah kelompok hewan yang memiliki hubungan dekat dengan manusia. Memiliki gen yang mirip dengan manusia.

Di sini anda dapat melihat-lihat koleksi primata mulai dari Gorilla, Orang Utan, Monyet, uwa-uwa, Simpanse dll. Untuk mengunjungi Pusat Primata Schmutzer, anda harus membayar lagi tiket masuk setelah berada di dalam kawasan kebun binatang Ragunan.

BACA JUGA :   Rekomendasi Tempat Wisata di Tangerang Untuk Liburan Keluarga

3. Monas (Monumen Nasional)
Meski bukan lambang daerah Jakarta, Monas seolah menjadi ikon Jakarta yang wajib dikunjungi bila datang ke Ibu Kota. Rasanya tak lengkap bila ke Jakarta namun belum mengunjungi Monas. Selain taman monas yang luas, anda dapat masuk ke dalam museum Monas yang berada di bawah tanah atau mencoba naik ke atas tugu monas untuk melihat pemandangan kota Jakarta dari ketinggian. Tapi, jangan heran bila anda harus mengantri panjang untuk bisa naik ke puncak monas, terutama di hari libur.

Dari monas anda dapat mengakses beberapa tempat lain di pusat Jakarta, semisal tugu Tani, Masjid Istiqlal, Lapangan Banteng, Gereja Katedral dan Pasar Baru.

Anda dapat menaiki bus Transjakarta untuk menuju monas, atau menumpang bus tingkat gratis yang berkeliling dari Monas ke Pasar Baru.

4. Ancol
Berwisata di kawasan Ancol yang merupakan kawasan pantai Jakarta akan sangat menyenangkan bila dikunjungi siang hari. Anda dapat berjalan-jalan di pinggir pantai, mencoba jajanan dan kuliner yang ditawarkan di sana. Selain itu ada beberapa wahana lain yang dapat anda nikmati. Ada Dunia Fantasi atau Dufan, Sea World (Dunia Laut/ Aquarium Raksasa), atau berwisata belanja di Ancol Mall.

Baca Juga : Harga tiket Dufan

5. TMII (Taman Mini Indonesia Indah)

Wisata Murah Ke TMII
Theater Keong Mas – TMII

Terletak di Jakarta timur, Taman Mini Indonesia Indah merupakan tempat rekreasi tempat wisata yang wajib dikunjungi saat di Jakarta. Dibangun pada masa pemerintahan Presiden Soeharto, TMII memiliki beberapa wahana menarik seperti Theater Keong Mas, Kereta Gantung, dan Miniatur Indonesia beserta rumah adat masing-masing daerah.

Baca juga : Miniatur Indonesia di TMII

Anda dapat pula mengunjungi Water Park Snow Bay di kawasan TMII dan menikmati wisata air.

BACA JUGA :   Ubud, Nuansa Mempesona di Pulau Dewata Bali

6. Wisata Kota Tua Jakarta

Wisata Murah Jakarta Fatahillah
Museum Fatahillah – Kota Tua Jakarta

Bila anda penikmat wisata sejarah, tak ada salahnya berkunjung ke kawasan Kota Tua Jakarta. Terletak di utara Jakarta, namun masih masuk wilayah administratif Kodya Jakarta barat. Di sini anda dapat melihat-lihat gedung-gedung tua peninggalan masa penjajahan Belanda di Batavia. Lokasi wisata kota tua Jakarta merupakan spot menarik bagi Fotografer untuk mengambil gambar dan suasana klasik Jakarta tempo dulu. Tak jarang banyak pasangan muda membuat foto pre-wedding di daerah ini.

Pusat keramaian kawasan kota tua Jakarta berada di Taman Fatahillah, berada di tengah-tengah kawasan kota tua. Diapit oleh gedung-gedung bersejarah seperti Museum Fatahillah, Museum Wayang, dan Gedung Pos.

Saat anda ke Kota Tua Jakarta, anda dapat pula mengunjungi kawasan Pecinan di daerah Toko Tiga dan Petak Sembilan yang merupakan pusat etnis Tionghoa di Jakarta Barat. Selain itu anda dapat berwisata belanja di kawasan pasar pagi yang menyediakan barang-barang murah.

7. Pelabuhan Sunda Kelapa

Wisata Tempo Doeloe Jakarta - Sunda Kelapa
Sunda Kelapa – Wisata Tempo Dulu Jakarta

Serupa dengan Kawasan Kota Tua, Pelabuhan Sunda Kelapa merupakan peninggalan masa pemerintahan Hindia Belanda di Batavia. Anda dapat menikmati suasana wisata klasik di sini dengan melihat-lihat kapal-kapal kayu yang berjajar di dermaga. Anda dapat pula menyewa sepeda untuk berkeliling daerah ini. Selain itu, Museum bahari di Pasar Ikan dapat anda kunjungi bila ke Pelabuhan Sunda Kelapa.

Itulah 7 tempat wisata favorit yang dapat dinikmati saat berada di Jakarta. Semua kawasan tersebut dapat anda kunjungi dengan biaya yang terjangkau (kecuali Dunia Fantasi).

Gambar Gravatar
Redaksi saranwisata, menyajikan data tempat wisata populer di Indonesia. Jadikan kami referensi untuk liburan kamu !

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *