10 Daftar Tempat Wisata di Aceh Paling Populer

Diposting pada

Saranwisata.com – Aceh adalah wilayah paling barat dari Indonesia yang menyimpan sejumlah pesona dan potensi wisata.  Baik wisata bahari, sejarah, budaya, hingga lansekap alam yang begitu indah dan di propinsi Serambi Mekah ini.

Meski tak begitu mendapat ekspos dari media, ternyata tempat wisata di Aceh telah banyak dikenal oleh wisatawan baik lokal maupun mancanegara.  Hal ini karena memang potensi yang dimiliki sektor pariwisata Aceh memang sangat banyak dan tak kalah dengan destinasi wisata di Indonesia di wilayah lainnya.

Jika anda berniat melakukan liburan yang tak biasa, mungkin Aceh bisa menjadi tujuan wisata anda kali ini.  Meski berlokasi cukup ujung, namun akses ke Nangroe Aceh sangat mudah dari berbagai wilayah di Indonesia. Apalagi banyak penerbangan-penerbangan yang sering mengadakan promo penerbangan domestik.

Objek Wisata di Aceh

Untuk mengetahui dan sebagai guide saat anda berkunjung ke propinsi yang bernama lengkap Nangroe Aceh Darussalam ini, kami sajikan beberapa saranwisata ke tempat wisata di Aceh.  Simak selengkapnya :

Wisata Sejarah

Pertama, kita akan mengulas daftar objek-objek wisata sejarah yang ada di Aceh.  Tentu anda sudah mengenal nama museum Tsunami, atau Masjid Baiturrahman.  Nah di daftar tempat wisata sejarah di Aceh ini diantaranya akan membahas ke-dua tempat tersebut.

1. Masjid Raya Baiturrahman

Masjid Raya Baiturrahman Kota Banda Aceh
Masjid Raya Baiturrahman Kota Banda Aceh

Masjid Raya Baiturrahman sebetulnya bukanlah diperuntukkan untuk tempat wisata. Dan saranwisata pun jarang sekali memasukkan tempat ibadah ke dalam daftar tempat wisata. Namun, sisi sejarah masjid yang dibangun oleh Sultan Iskandar Muda tersebut patut untuk dipelajari.

Masjid yang dibangun sejak tahun 1612 ini pernah menjadi saksi bisu musibah bencana alam tsunami yang melanda Aceh di tahun 2004.  Banyak warga menjadikan masjid ini sebagai tempat berlindung ketika musibah tersebut terjadi.

Kini masjid Baiturrahman Aceh tetap kokoh berdiri dengan arsitektur yang khas dan menjadi ikon Kota Aceh.

2. Museum Tsunami

Museum Tsunami tempat wisata di Aceh
Museum Tsunami Aceh

Tempat wisata ini dibangun sebagai monumen peringatan atas musibah tsunami yang melanda Aceh dan sekitarnya pada tahun 2004.

BACA JUGA :   Daftar Hotel di Palembang Yang Ada Kolam Renang

Di dalam museum Tsunami terdapat sejumlah ruang yang merepresentasikan bagaimana Aceh menghadapi tsunami.  Dimulai dari ruang Lorong Tsunamiyaitu lorong yang menggambarkan suasana tsunami yang dihadapi warga Aceh kala itu.  Di sini akan terdengan suara gemuruh air besar, cukup menggambarkan ketakutan yang dialami masyarakat Aceh.

Kemudian ada Ruang Kenangan.  Terdapat monitor yang menampilkan foto-foto dan gambar kejadian tsunami dan korban-korbannya.  Sesuai dengan namanya, ruang ini menyajikan kenangan-kenangan memilukan saat tsunami datang.

Setelah itu ada Sumur Doa.  Di sini tertera lebih dari 2 ribu korban musibah Tsunami yang tertulis di dinding.  Selanjutnya ada Lorong Cerobong,  yaitu lorong berkelok-kelok dengan lantai yang tidak rata.  Lorong ini menggambarkan rasa takut dan kebingungan yang dihadapi warga Aceh.

Setelah melalui kebingungan di lorong cerobong yang berkelok-kelok, akan ada Jembatan Harapan.  Jembatan yang merepresentasikan harapan-harapan baik setelah melalui berbagai macam rintangan dan musibah yang berat.

Nah, jika anda ingin berkunjung ke Museum Tsunami Aceh silakan datang ke Jl. Sultan Iskandar Muda Sukaramai – Banda Aceh.  Lokasinya tak jauh dari Masjid Baiturrahman dan Museum Pesawat RI.

3. Rumah Cut Nyak Dien

tempat wisata di aceh rumah cut nyak dien
Rumah Cut Nyak Dien. Gbr : Kemendikbud

Rumah salah pahlawan Nasional asal Aceh ini adalah destinasi wisata sejarah lainnya.  Rumah Cut Nyak Dien ini merupakan replika dari rumah aslinya yang terbakar di tahun 1896.  Rumah panggung khas masyarakat adat Aceh ini memberikan kenangan akan perjuangan putera puteri Aceh dalam upaya melepaskan diri dari penjajahan bangsa Eropa.

4.  Tugu Nol Kilometer

Tempat wisata di Aceh - Tugu Nol Kilometer
Tugu Nol Kilometer di Sabang Aceh

Tentu anda akrab dengan lagu “Dari Sabang Sampai Merauke” saat di masa sekolah?  Sabang adalah kota di propinsi Nangroe Aceh yang berada di pulau Weh, persis di ujung paling barat Indonesia.

Di kota Sabang ini terdapat monumen tugu Nol Kilometer yang menandai wilayah start paling ujung Indonesia.  Lokasinya agak jauh dari pusat kota Sabang, yaitu sekitar 29 Km ke arah barat.  Perjalanan yang ditempuh dari Sabang ke lokasi Tugu Nol Kilometer Aceh kira-kira 1 jam.

BACA JUGA :   Harga Tiket Masuk Museum De Mata Trick Eye Museum Jogja

Jangan lupa siapkan kamera dan berselfie ria di sini.

Wisata Alam

Bicara wisata alam di Aceh, tak terhitung jumlahnya.  Namun kali ini saranwisata akan merangkum tempat wisata alam di Aceh yang paling populer dan sayang kalau dilewatkan begitu saja.

5. Diving Pulau Weh

tempat diving di aceh - pulau weh
Pulau Weh dengan Spot Divingnya

Masih di lokasi yang sama dengan Tugu Nol Kilometer Sabang, di Pulau Weh juga terdapat spot diving yang sangat populer.  Keindahan terumbu karang yang dimiliki pulau weh memang sangat mempesaona siapa saja yang menyelami perairan Aceh bagian utara ini.

Untuk urusan menginap, bahkan banyak penginapan yang bisa dipilih dan tak perlu merogoh kocek terlalu dalam.  Penasaran? Cobalah datang dan kunjungi spot diving pulau Weh yang juga sudah sangat dikenal bahkan oleh turis mancanegara.

6.  Pulau Rubiah

keindahan alam pulau rubiah aceh
Pulau Rubiah Aceh. Gbr : pegipegi

Pulau Rubiah masih merupakan wilayah Sabang, letaknya di arah barat laut dari pulau Weh.  Di sini kegiatan diving dan snorkeling masih menjadi suguhan utama.  Keindahan bawah laut pulau Rubiah memang tidak bisa dianggap remeh.  Aneka biota laut dari berbagai spesies ikan tropis dan terumbu karang yang indah siap mempesona siapa saja.

7. Danau Laut Tawar

tempat wisata alam danau laut air tawar aceh
Danau Laut Air Tawar Aceh

Di dataran tinggi Gayo terdapat Danau laut tawar yang merupakan objek wisata di Aceh yang memiliki pemandangan indah.  Berada di kabupaten Aceh Tengah, danau yang mempunyai luas lebih dari 5 ribu hektar ini menyuguhkan pemandangan air danau yang seolah tanpa ujung, dengan aksen pegunungan yang berada di sekitarnya.  Sangat indah dan sayang jika tak dikunjungi.

Baca juga : Treking di Gunung Leuser

8. Pantai Lhoknga

tempat wisata pantai Lhoknga Aceh
Pantai Lhoknga Aceh

Jika anda adalah penikmat pemandangan pantai dengan angin dan hamparan pasir, Pantai Lhoknga di Aceh bisa jadi pilihan destinasi liburan anda selanjutnya.  Letaknya tak jauh dari kota Banda Aceh, hanya perlu menempuh 20 km berkendara dan tibalah di pantai alami yang mempunyai ombak cukup menantang.

Sunset di pantai Lhoknga pun tak bisa dilewatkan begitu saja.  Suasana menjelang magrib tiba di pantai ini bisa digunakan untuk bersantai sebelum tentunya beribadah sholat magrib.

BACA JUGA :   Tempat Wisata Favorit di Kepulauan Seribu Yang Wajib Dikunjungi

9.  Taman Hutan Pocut Meurah Intan.

tahura pocut meurah intan aceh
Tahura Pocut Meurah Intan. Gbr : nationalgeographic

Taman wisata ini merupakan hutan raya yang mempunyai objek-objek wisata lain di area wilayahnya.  Hutan seluas 6300 ha ini dapat dijangkau dari kota Banda Aceh sekitar 70 km.  Terdapat beraneka ragam flora dan fauna  yang berhabitat di taman hutan raya ini.

Beberapa objek wisata lain yang bisa dikunjungi di kawasan Tahura Pocut Meurah Intan di antaranya ada air terjun panas, Kawah belerang, gunung gajah, batu monyet dan Dam atau bendungan peninggalan masa kolonial belanda.

10.  Kecamatan Pulo Aceh

Pulo Aceh. Puluhan Pantai Indah ada di sini
Pulo Aceh. Puluhan Pantai Indah ada di sini

Berada di kabupaten Aceh Besar, terdapat kecamatan Pulo Aceh yang mempunyai objek wisata pantai yang sangat mempesona.  Lokasi kecamatan Pulo Aceh memang persis di pesisir, sehingga ada banyak pantai yang tentu saja dapat dijadikan spot-spot rekreasi yang menawan.

Di antaranya ada pantai Deumit, pantai Nipah, Pantai Deudap, pantai Alue Reuyeng, pantai pasi raya, pantai Krisek, dan beberpa pantai lainnya yang mempunyai pemandangan indah.

Panorama pantai yang alami menyajikan ketenangan bagi siapa saja yang piknik di tempat ini.  Selain itu, wisatawan bisa juga berlibur dengan kegiatan snorkeling.  Terumbu karang di wilayah Pulo Aceh masih cukup terjaga dan alami.

Sebenarnya masih banyak tempat wisata di Aceh yang bisa dikunjungi.  Mungkin lain kali saranwisata.com akan membuat daftar lengkapnya agar sekaligus menjadi wadah promosi wisata.

10 tempat wisata di Aceh di atas adalah rangkuman yang kami seleksi berdasarkan keindahan dan tingkat rekomendasi dari kami.  Barangkali di antar pembaca ada yang pernah ke salah satu tempat wisata Aceh di atas? jangan lupa sharing di kolom komentar. 🙂

 

Gambar Gravatar
Redaksi saranwisata, menyajikan data tempat wisata populer di Indonesia. Jadikan kami referensi untuk liburan kamu !

One thought on “10 Daftar Tempat Wisata di Aceh Paling Populer

  1. Pulau Weh sepertinya cocok banget buat rekomendasi para traveler yang doyan diving yah. Mohon share info hotel murah dan rekomended yang dekat dengan destinasi tempat wisata di Pulau Weh.

    Terima kasih

    Salam hangat

    Maaf, komentar diedit oleh admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *